VISI MISI MOTTO UPT PUSKESMAS MLATI 1
VISI
Terwujudnya Pelayanan Puskemas yang Berkualitas, Terjangkau & Berdaya Saing Menuju Masyarakat Sleman yang Berbudaya Hidup Sehat
MISI
- Meningkatkan profesionalisme secara berkesinambungan dalam pengelolaan organisasi dan pelayanan kesehatan
- Memberikan pelayanan kesehatan dasar yang bermutu
- Memberdayakan masyarakat untuk lebih mandiri dalam upaya kesehatan, serta membina kerja sama lintas sektoral
STRATEGI
Guna melaksanakan misi tersebut telah ditetapkan strategi sebagai berikut :
- “Triple A” (Akses, Adopsi dan Adaptasi)
Bahwa profesionalisme petugas adalah menjadi salah satu kunci untuk mencapai suatu keberhasilan organisasi. Oleh karena itu dalam rangka peningkatan profesionalisme, Puskesmas Mlati I selalu berusaha untuk dapat mengakses, mengadopsi dan kemudian mengadaptasi setiap informasi/ pengetahuan baru yang berkaitan dengan kompetensi Puskesmas.
Melalui pengiriman peserta seminar, pelatihan, workshop, pengumpulan materi-materi/ literature aktual, kegiatan diseminasi informasi, minilokakarya bulanan maupun audit pelayanan di Puskesmas diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme semua petugas sesuai kompetensinya.
Untuk mendukung profesionalisme petugas dan dalam rangka adaptasi terhadap pengetahuan dan perkembangan informasi yang bermanfaat, puskesmas telah berusaha berbenah diri melalui perbaikan-perbaikan performance fisik tempat pelayanan dan penambahan sarana & prasarana pelayanan yang sesuai dengan kemampuan dan ketentuan yang ada, sehingga diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan.
- ” AS “ (Advokasi dan Sosialisasi ).
Untuk mendapatkan dukungan dan sinergitas dari semua pihak, baik lintas sector, swasta maupun masyarakat, maka harus diupayakan adanya pengertian, pemahaman dan persepsi yang benar dan yakin bahwa “ Kesehatan adalah tanggung jawab bersama/semua”. Sehingga diharapkan dapat menimbulkan dan menggerakan kepedulian semua pihak terhadap kesehatan pada umumnya.
Keadaan ini bisa terwujud melalui pendekatan/Advokasi yang baik dan terus menerus sehingga akan terjalin komunikasi dan kerja sama dengan semua pihak. Dan utamanya terhadap upaya-upaya Promotif dan preventif, sesuai paradigma sehat saat ini. Melalui perilaku hidup bersih dan sehat serta kepedulian pada kesehatan lingkungan, pada akhirnya akan memberi kontribusi terhadap tercapainya Visi Sleman Sehat.
Kemudian untuk memelihara komunikasi dan kerja sama yang sudah terbina, serta menyegarkan persepsi dan pemahaman tentang kesehatan sesuai dengan perkembangan jaman, maka upaya sosialisasi ke berbagai pihak harus selalu dilakuk
- Optimalisasi Jejaring Informasi.Bahwa yang dimaksud dengan jejaring informasi adalah
semua pihak baik lintas program, lintas sector dan swasta yang berkait dengan kegiatan pembangunan kesehatan (pelayanan kesehatan) baik secara langsung maupun tidak langsung, sebagai sumber informasi/data dalam meningkatkan kualitas penyediaan informasi yang tepat, akurat dan valid tentang gambaran keadaan kesehatan wilayah.
Dengan adanya jejaring informasi yang optimal dalam pengumpulan, pengelolaan serta pengolahan data di masing-masing unit pelayanan (sumber data), maka akan terwujud adanya Sistem Informasi Kesehatan (SIK) yang mantap di wilayah.
- Menumbuhkan dan memelihara “Budaya 3 Tertib Kerja”
- Tertib waktu, yaitu upaya untuk meningkatkan disiplin waktu dalam pelaksanaan tugas, baik menyangkut jam kerja maupun jadual kegiatan. Dengan tertib waktu maka akan tercipta kepastian bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan di Puskesmas.
- Tertib Administrasi dan dokumentasi, yaitu upaya untuk lebih meningkatkan pengelolaan kegiatan secara baik dan akuntabel dengan tersedianya administrasi dan dokumentasi kegiatan. Misalnya, rencana kegiatan, schedule, anggaran, laporan atau bukti kegiatan dll.
- Tertib pengelolaan dan pemanfaatan anggaran, yaitu upaya untuk lebih meningkatkan efektifitas dan efisiensi anggaran, selain juga untuk menciptakan akuntabilitas pengelolaan anggaran.
MOTTO
Motto Pelayanan Puskesmas Mlati I adalah :
“Kesehatan Anda , Kepuasan Layanan Kami”