Visi Misi dan Motto – PUSKESMAS MLATI 1

VISI, MISI, MOTTO

VISI

Sebagaimana diketahui bahwa visi pembangunan kesehatan di Kabupaten Sleman yang ditetapkan pada tahun 2016   yaitu “Terwujudnya Masyarakat Sleman yang Lebih Sejahtera, Mandiri, Berbudaya dan Terintegrasikannya Sistem e-Government Menuju Smart  Regency  pada Tahun 2021”.

untuk mewujudkan visi tersebut maka Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman menetapkan visi yaitu “Terwujudnya Masyarakat Sleman yang lebih Mandiri, Berbudaya Sehat  Menuju Smart Health  pada tahun 2021”. Untuk mewujudkan visi Dinas kesehatan maka Puskesmas Mlati I menetapkan Visi sebagai berikut:

“Menjadi Puskesmas Mitra Keluarga dan Masyarakat Dengan Pelayanan Prima dan Profesional”

MISI

Untuk mewujudkan visi tersebut, telah dirumuskan 6 misi Puskesmas Mlati I sebagai berikut :

  1. Meningkatkan profesionalisme secara berkesinambungan dalam pengelolaan organisasi dan pelayanan kesehatan.
  2. Memberikan pelayanan kesehatan dasar yang bermutu.
  3. Memberdayakan masyarakat untuk lebih mandiri dalam upaya kesehatan.
  4. Meningkatkan kualitas pencatatan dan pelaporan dalam rangka pengembangan Sitem Informasi Kesehatan (SIK).
  5. Berkoordinasi dan bekerjasama dengan semua pihak yang terkait dalam pelayanan dan pembangunan kesehatan.
  6. Mengembangkan sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan pelayanan masyarakat.

 

  • Meningkatkan profesionalisme secara berkesinambungan dalam pengelolaan organisasi dan pelayanan kesehatan.

Yaitu selalu berusaha secara terus-menerus untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan dalam pengelolaan organisasi secara umum maupun pengelolaan setiap program dan kegiatan bagi semua jajaran karyawan Puskesmas sesuai kapasitas, tugas dan kewenanganya.

  • Memberikan pelayanan kesehatan dasar yang bermutu.

Yaitu selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik dalam memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat. Pelayanan terbaik yang mengacu pada standar profesionalitas (Quality Assurance = QA) dan sekaligus memperhatikan sendi-sendi pelayanan prima yang berorientasi pada kepuasan pelanggan (Total Quality Management = TQM).

  • Memberdayakan masyarakat untuk lebih mandiri dalam upaya kesehatan.

Yaitu selalu berusaha untuk mendorong dan menyadarkan pada masyarakat akan potensi yang ada, baik dalam individu, keluarga maupun masyarakat. Serta selanjutnya memotivasi agar masyarakat dapat memberdayakan potensi tersebut untuk lebih diarahkan pada kepedulian terhadap upaya kesehatan

  • Meningkatkan kualitas pencatatan dan pelaporan dalam rangka pengembangan Sitem Informasi Kesehatan (SIK).

Yaitu selalu berusaha secara terus-menerus dan berkelanjutan dalam memperbaiki pengelolaan dokumentasi kegiatan, data dan mengoptimalkan pengumpulan data dari setiap program maupun lintas sektor. Untuk selanjutnya diolah secara baik guna menyediakan informasi yang bermutu.

  •  Berkoordinasi dan bekerjasama dengan semua pihak yang terkait dalam pelayanan dan pembangunan kesehatan.

Yaitu bahwa program pembangunan kesehatan, tidak akan dapat berhasil dengan baik tanpa ada dukungan dari semua pihak, lintas sektor dan masyarakat secara umum. Hal ini sesuai kaidah bahwa “Kesehatan adalah tanggungjawab bersama”

  •  Mengembangkan sarana dan prasarana sesuai dengan kebutuhan pelayanan masyarakat.

Yaitu menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan oleh masyarakat serta mengembangkannya sehingga tercapai pelayanan yang optimal.

STRATEGI

Guna melaksanakan misi tersebut telah ditetapkan strategi sebagai berikut :

  1. “Triple A” (Akses, Adopsi dan Adaptasi)

Bahwa profesionalisme petugas adalah menjadi salah satu kunci untuk mencapai suatu keberhasilan organisasi. Oleh karena itu dalam rangka peningkatan profesionalisme, Puskesmas Mlati I selalu berusaha untuk dapat mengakses, mengadopsi dan kemudian mengadaptasi setiap informasi/ pengetahuan baru yang berkaitan dengan kompetensi Puskesmas.

Melalui pengiriman peserta seminar, pelatihan, workshop, pengumpulan materi-materi/ literature aktual, kegiatan diseminasi informasi, minilokakarya bulanan maupun audit pelayanan di Puskesmas diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme semua petugas sesuai kompetensinya.

Untuk mendukung profesionalisme petugas dan dalam rangka adaptasi terhadap pengetahuan dan perkembangan informasi yang bermanfaat, puskesmas telah berusaha berbenah diri melalui perbaikan-perbaikan performance fisik tempat pelayanan dan penambahan sarana & prasarana pelayanan yang sesuai dengan kemampuan dan ketentuan yang ada, sehingga diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan.

  1. ” AS “  (Advokasi dan Sosialisasi ).

Untuk mendapatkan dukungan dan sinergitas dari semua pihak, baik lintas sector, swasta  maupun  masyarakat, maka harus diupayakan adanya  pengertian,  pemahaman  dan   persepsi   yang   benar  dan  yakin      bahwa  “ Kesehatan adalah tanggung jawab bersama/semua”.  Sehingga diharapkan  dapat  menimbulkan dan menggerakan kepedulian  semua pihak terhadap  kesehatan pada umumnya.

Keadaan ini bisa terwujud melalui pendekatan/Advokasi  yang baik dan terus menerus sehingga  akan terjalin  komunikasi dan kerja sama dengan semua pihak. Dan utamanya  terhadap upaya-upaya Promotif dan preventif, sesuai paradigma sehat saat ini. Melalui perilaku hidup bersih  dan sehat  serta kepedulian pada kesehatan lingkungan,  pada akhirnya akan memberi kontribusi terhadap tercapainya  Visi Sleman Sehat.

Kemudian untuk memelihara komunikasi dan kerja sama yang sudah terbina, serta menyegarkan persepsi  dan pemahaman tentang kesehatan  sesuai dengan perkembangan  jaman,  maka upaya sosialisasi ke berbagai  pihak harus selalu dilakuk

  1. Optimalisasi Jejaring Informasi.Bahwa yang dimaksud dengan jejaring informasi adalah

semua pihak  baik lintas program, lintas sector dan swasta yang berkait dengan kegiatan pembangunan  kesehatan  (pelayanan kesehatan) baik secara langsung maupun tidak langsung,  sebagai sumber informasi/data dalam meningkatkan kualitas penyediaan informasi  yang tepat, akurat dan valid  tentang gambaran  keadaan kesehatan wilayah.

Dengan adanya jejaring informasi yang optimal dalam pengumpulan, pengelolaan serta pengolahan data  di masing-masing unit pelayanan (sumber data),  maka akan terwujud  adanya Sistem Informasi Kesehatan (SIK) yang mantap di wilayah. 

  1. Menumbuhkan dan memelihara “Budaya 3 Tertib Kerja”
  • Tertib waktu, yaitu upaya untuk meningkatkan disiplin waktu dalam pelaksanaan tugas, baik menyangkut jam kerja maupun jadual kegiatan. Dengan tertib waktu maka akan tercipta kepastian bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan di Puskesmas.
  • Tertib Administrasi dan dokumentasi, yaitu upaya untuk lebih meningkatkan pengelolaan kegiatan secara baik dan akuntabel dengan tersedianya administrasi dan dokumentasi kegiatan. Misalnya, rencana kegiatan, schedule, anggaran, laporan atau bukti kegiatan dll.
  • Tertib pengelolaan dan pemanfaatan anggaran, yaitu upaya untuk lebih meningkatkan efektifitas dan efisiensi anggaran, selain juga untuk menciptakan akuntabilitas pengelolaan anggaran.

MOTTO PELAYANAN

Motto Pelayanan Puskesmas Mlati I adalah :

“Kesehatan Anda , Kepuasan Layanan Kami”

Close Menu